Dikisahkan dalam film berjudul The Core, film lama yang dirilis tahun 2003, namun baru saya tonton tahun 2010. Salah satu tokohnya bernama Rebecca, yang diperankan oleh Hillary Swank. Ceritanya, cewek berambut cepak ini sudah lama belajar di sekolah akademi militer. Karirnya di militer sudah mendapat gelar Mayor. Mayor Rebecca Childs. Dalam film itu, diceritakan dia memiliki banyak kelebihan, atau bisa dibilang, multitalent. Di usianya yang masih muda, dia sudah bergabung dengan astronot lain dan menjelajahi luar angkasa. Walaupun perempuan, karakter tegas dan disiplin dari dirinya membuatnya berbeda dengan gadis lain. Ketika ditanya oleh rekan lelakinya, “Kau asronot, namun bisa mengikat dasi juga. Apakah ada hal yang tidak bisa kamu kerjakan?” “Tidak ada sepengetahuanku”jawabnya tegas, tanpa basa-basi. Weisss…mantap n berani betulll…

Nah, Karena keahliannya dalam hal navigasi, dia ditunjuk oleh komandannya untuk menjadi tim penyelamat bumi. Bersama 5 kawan lelaki, mereka memiliki misi untuk menembus ke inti bumi dan membuat arus putaran agar inti bumi berputar kembali seperti semula. Saat ini, putaran inti bumi berhenti dan dapat menyebabkan hilangnya gravitasi bumi. Dampak paling buruknya, lapisan atmosfer tidak akan bisa lagi menyelimuti bumi dari panas matahari. 6 orang dalam tim itu memiliki peran sendiri sesuai dengan keahlian dan spesifikasi ilmunya. Dikomandani oleh Komandan Iverson sebagai penanggungjawab perjalanan. Rebecca, berperan sebagai navigator yang akan mengarahkan Virgil (nama kendaraan yang mereka tumpangi untuk menembus inti bumi), berada di samping komandan.

Sebagai seorang yang memiliki multitalent, Rebecca ingin mencoba berperan sebagai pemimpin. Tidak sekedar navigator yang hanya mengarahkan saja. Sikap itu tidak ditampakkan olehnya secara langsung, namun dapat terbaca oleh komandan Iverson.

Ada bagian percakapan yang menarik bagiku. Dalam latihan yang dia lakukan sendiri di tengah malam, Rebecca gagal membawa virgil dengan selamat.

Saat itu, Iverson, komandannya, muncul dan dengan bijak, ia berkata pada Rebecca,

“kau boleh berlatih tuk duduk disana, tapi tak berarti kau siap duduk disana. Menjadi pemimpin itu bukan karena keahlian, tapi karena tanggungjawab.

(Made it a leader is not about ability. It’s about responsible)

Kau tidak bertanggungjawab untuk membuat keputusan yang benar, kau harus siap membuat keputusan yang salah. Kau harus siap untuk membuat kesalahan.”

Rebecca menyela,

“Apa yang membuat kau berpikir bahwa aku tidak bertanggungjawab?”

Jawab Iverson,

“Karena kau hebat. Karena hebat, kau tak pernah melakukan hal yang akan membuatmu salah. Hanya saja, kau terbiasa untuk menang. Dan kau belum benar-benar jadi pemimpin sampai kau kalah.”

Dan kenyataan itu terbukti ketika di tengah perjalanan misi mereka menembus inti bumi, Komandan Iverson tewas dilahap lahar magma bumi. Rebecca pun harus menggantikan posisi komandan untuk menjalankan virgil menuntaskan tugasnya. Dan benar saja, saat dihadapkan pada situasi kritis, dan ada dua pilihan yang masing-masing beresiko, dia bingung mengambil keputusan. Bimbang menentukan sikap apa yang harus dia ambil. Masing-masing memiliki resiko terhadap keselamatan.

Bagaimana kelanjutannya???….silahkan lanjutkan di home movie masing-masing, okey….Coz..bukan tugas saya menceritakan kisah film itu sampai selesai.

Mungkin, karena memiliki kedekatan pengalaman pribadi dengan tokoh, saya mendapat pelajaran yang berharga setelah menonton film ini.

-Semua itu hanya karena Allah..jangan lupa..-

Advertisements

About Adistya

I'm a 22 years old girl. Just it. to be continue..

One response »

  1. grace forence says:

    ah.. gak asik gak lengkap

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s