Aku, sejujurnya, lebih tertarik membaca buku non fiksi dari pada buku fiksi. Terutama setelah aku duduk di bangku kuliah. Membaca buku fiksi, aku tidak siap dikecewakan oleh alur cerita yang nggak memuaskan, kisah yang menggurui, pemilihan diksi dan bahasa yang bikin aku roaming. Jadi, aku lebih senang mengoleksi buku non fiksi dari pada buku fiksi. Aku hanya akan membaca buku fiksi yang memuaskan menurut penilaian pribadiku. Memuaskan dari sisi buku, maupun dari sisi menghibur di waktu luangku. Contoh: Toto-Chan, The Da Vinci Code, Pudarnya Pesona Cleopatra, Takbir CInta Zahrana, Di Atas Mihrab Cinta, Filosofi Kopi, Sang Pemimpi, Negeri 5 Menara, Gajah Mada 1-2 nya Langit Kresna Hariadi, Menyusuri Lorong-Lorong Dunia, dan buku kumpulan cerpen FLP tertentu saja. Baca Tembang Ilalang dan De Winst, belum tuntas. Kutinggalkan di tengah jalan. Nah, buku novel satu ini, yang terbaru aku temukan, eh salah, maksudnya, yang Allah mempertemukanku dengannya. Novel “Sang Musafir”, karya Muhammad Sobary.

It’s a next good fiction book that recommended to be read. Tulisannya humanis banget. Nggak bikin kita (pembaca) ngerasa direndahkan. Trus ditulis dengan nilai-nilai budaya yang sangat kental. Dengan bahasa budaya yang indah, dipadu dengan nuansa kultur yang menyentuh, mendekatkan kita pada alam tempat kita berpijak, membuat kita berfikir bijak dalam memandang segala sesuatu. Hum.. sampe air mata ini menetes terharu membaca “Ayah, Ibu, dan Giyem Giyem”. Padahal disana nggak ada kisah keluarga sederhana yang heroic atau cerita pengorbanan yang mengharukan. Itu adalah rasa haru atas indahnya bahasa yang digunakan untuk membicarakan budaya alam, bahasa alam, bumi, tempat kita berpijak.

Melalui “Sang Musafir”, Kang Sobary seakan ingin mengajak kita untuk menikmati hidup sebagai perjalanan. Seni hidup berarti menikmati lika-liku yang ada di dalamnya. Membuat kita bijak memandang bahwa inilah dunia tempat kita hidup, bukan surga. Apa adanya. Hemm, sip, sip..two thumbs up!!

Advertisements

About Adistya

I'm a 22 years old girl. Just it. to be continue..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s