Benar seperti yang pernah aku katakan, menjadi pemimpin itu sulit. Paling tidak ia harus bisa mengambil keputusan untuk menyelesaikan masalah, bisa mengambil keputusan berdasar pertimbangan logika yang cerdas dan pertimbangan hati yang bersih (keimanan yang bagus). Sebagaimana Allah kepemimpinan Nabi Yusuf yang dikaruniai hikmah dan ilmu (QS Yusuf ayat 22). Hikmah dan Ilmu disini maksudnya adalah sifat-sifat baik yang kokoh, dan ilmu pengetahuan yang mendalam. (Kelas Siroh, 3 April 2009). Sebagiamana juga Nabi Yusuf yang diakui di tengah-tengah masyarakatnya, punya pengaruh positif sehingga muncul kepercayaan dari masyarakat. Beliau menawarkan diri untuk sebuah profesionalitas dan pertanggungjawaban dengan meminta dijadikan bendaharawan Negara (QS Yusuf ayat 54-55). Hingga akhirnya ujian datang untuk menguji keimanannya (QS. Yusuf ayat 23-24). Ujian terberat seorang pemimpin muncul karena 2 sebab: 1. tekanan hawa nafsu, 2. sifat egoisme. Dikarenakan keimanan nabi Yusuf telah terbukti dan teruji sejak kecil menghadapi berbagai ujian, Allah menguatkan imannya dan menyelamatkannya dari fitnah wanita. Memang, fitnah paling berat bagi laki-laki adalah wanita, dan fitnah terberat bagi wanita adalah harta.

Dan itu semua tidak ada dalam diriku. Bahkan aku tidak bisa tegas, plin plan. Maka bagaimana bisa aku menjadi pemimpin?

Menurut ustadz, kepemimpinan itu adalah bakat, tapi bisa dilatih. “Maka kalo nggak punya bakat pemimpin, nggak usahlah jadi pemimpin. Karena mau dipukulin atau dipaksakan dikayak gimanakan, tetep susah.” Tiap orang dibekali potensi yang berbeda-beda. Ada orang yang banyak ilmunya, namun kurang cakap dalam memimpin. Ada juga yang Ilmunya dangkal, namun terkenal karena gaya kepemimpinannya yang kharismatik.

Hiks..Hiks..Sedih..

Aku merasa, aku harus punya jiwa kepemimpinan..Untuk memberi kemashlahatan secara banyak bagi banyak orang, butuh jiwa kepemimpinan yang bagus. Untuk melayani maysarakat secara optimal, harus menjadi pemimpin. Trus???

Advertisements

About Adistya

I'm a 22 years old girl. Just it. to be continue..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s