Baca kolom komentar Mang Usil di pojok bawah Republika, membuatku senyum-senyum sendiri. Ada Statement gini: Jangan pilih politisi busuk. Trus dikomentari : Sama saja nyuruh untuk nggak milih, dong..

Kata siapa sekarang nggak ada politisi bersih? Situ aja kali yang nggak tahu siapa politisi yang bersih. Makanya, cari infonya di PKS, dong. Gudangnya politisi bersih (Insya Allah). Terbukti dan teruji.

Ada yang komantar : “Caleg PKS sama aja kayak yang lain. Ada yang kampanyenya bagi-bagi uang. Bukannya cara itu termasuk money politik dan bisa berpotensi mencetak koruptor baru?”

“Tapi caleg PKS juga ada yang bagi-bagi uang. Lalu apa bedanya dengan caleg dari partai lain?”

Tentang masalah ini, saya sudah konsultasi dengan ahlinya, dan inilah langkah benar yang perlu dilakukan jika mendapati caleg PKS yang memberi uang suap:

1. Coba dicek, kader asli atau simpatisan? Artinya, kalo dia terkader oleh system kaderisasi PKS, alias kader asli, sangat kecil kemungkinan dia melakukan money politik. Karena system kaderisasi PKS sangat ketat dan sangat menjaga kebersihan dakwah dari godaan duniawi yang nikmatnya hanya sesaat. PKS selalu melakukan pengecekan secara ketat terhadap kadernya yang jika ada indikasi melakukan pelanggaran. Karena kebutuhan kuantitas, memang ada caleg PKS yang belum ikut kaderisasi secara utuh. Kedua tipe caleg semuanya rentan tergoda untuk melakukan money politic. Terlebih lagi ada ketentuan suara terbanyak. Hal ini semakin membuat caleg berpikiran pragmatis. Berapapun biaya akan aku keluarkan yang penting bisa jadi.

2. Lakukan pengecekan lagi. Apa tujuan dia melakukan bagi-bagi uang itu? Prinsipnya, jika memberi uang untuk memilih dia, itu sama saja suap. Dan itu hukumnya haram. Namun jika uang itu diberikan untuk memberi bantuan social, tanpa ada embel-embel, itu dibolehkan.

3. Jika terbukti bahwa itu adalah money politic, silahkan laporkan kepada struktur pengurus PKS atau langsung ke Panwaslu. Karena itu adalah bentuk pelanggaran. PKS akan menindak tegas siapapun kadernya yang bermain money politic. Karena PKS adalah Partai Dakwah! Keberkahan dakwah tidak akan dicapai jika kadernya melakukan kemaksiatan.

4. Bagaimanapun juga, caleg juga manusia.. Manusia itu tempatnya salah dan khilaf. Tidak perlu rasa dengki itu disimpan dalam hati. Jadilah pemaaf. Jika masalah ini sudah selesai diusut, tidak ada gunanya menyebarkan berita kepada tetangga, saudara, samping kanan, samping kiri. Karena itu termasuk ghibah, membicarakan kejelekan orang lain. Itu perbuatan dosa yang langsung dilarang oleh Allah melalui QS Al-Hujurat.

Advertisements

About Adistya

I'm a 22 years old girl. Just it. to be continue..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s